Pengharum Mobil Perlu atau Tidak?

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di mobil ketika perjalanan jauh, kebersihan juga kerapihan mobil merupakan hal yang wajib diperhatikan. Pasalnya kedua hal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda selama berkendara berjam-jam. Aroma mobil termasuk salah satu parameter kebersihan yang sangat penting dan tak boleh luput dari perhatian. Jika aroma mobil kurang sedap atau cenderung berbau, tentu saja akan sangat mengganggu kegiatan berkendara Anda. Berikut ini akan dibahas beberapa tips menjaga mobil tetap bersih dan harum maksimal. 

Tips Menjaga Aroma Mobil Tetap Harum

Ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk menjaga aroma mobil Anda agar tetap segar dan tidak menimbulkan bau tak sedap. Pertama, Anda wajib menjaga kebersihan mobil. Buang sampah bekas makanan di tempat sampah khusus dan bersihkan setiap kali Anda sampai di rumah. Hindari meninggalkan bungkus makanan dan minuman begitu saja, ya, sebab sisa-sisa makanan dan minuman bisa menimbulkan bau, juga dapat mengundang kehadiran semut. Kedua, selalu rapikan barang-barang di dalam mobil. Letakkan kembali setelah menggunakan sebuah barang. Hal ini selain membuat ruang dalam mobil selalu lega dan luas, juga menghindari kemungkinan tumpukan sampah yang terselip di antara barang. Ketiga, biasakan membuka seluruh jendela dan pintu mobil beberapa menit sebelum atau sesudah menggunakan mobil. Hal ini penting agar mobil terhindar dari bau apek dan tidak sedap. Tips terakhir adalah gunakan pewangi atau pengharum mobil. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan yaitu pengharum alami atau pengharum buatan yang lebih praktis. Lalu apa saja sih yang harus dipertimbangkan ketika memilih pengharum mobil? Simak beberapa tips mudah di bawah ini.

Tips Memilih Pengharum Mobil 

Ada banyak cara untuk menjaga aroma dalam mobil tetap fresh dan segar, salah satunya tentu saja dengan menggunakan pengharum mobil. Bagaimanakan cara memilih pengharum mobil yang baik? Simak beberapa tips berikut.

Pilih pengharum mobil yang mudah diletakkan pada tempat-tempat tertentu seperti di dashboard, di bawah bangku, bagasi, atau spot-spot tertentu yang memungkinkan jadi sumber bau tak sedap.

Sebaiknya pilih aroma menyegarkan dan menenangkan seperti aroma pandan, aroma teh, atau aroma kayu-kayuan. Selain aroma-aroma ini ramah dengan penciuman kita, juga bisa membuat relaks dan lebih santai ketika berkendara.

Bisa juga memilih pengharum mobil berbentuk cair atau spray. Khusus spray bisa Anda gunakan beberapa saat sebelum mengendarai mobil. Semprotkan pada titik-titk tertentu di mobil Anda seperti di bawah bangku dan bagian sudut-sudut mobil.

Hindari penggunaan pengharum ruangan yang berbentuk padat seperti gel atau batangan karena jenis ini akan mudah meninggalkan noda bekas dan berwarna di interior mobil seperti kursi atau benda lainnya. Noda yang ditinggalkan selain merusak pemandangan juga terkadang sulit dihilangkan.

Jika Anda berkeras untuk menggunakan pengharum rungan jenis gel atau padat, sebaiknya jangan diletakkan di depan AC mobil. Hal ini akan membuat AC berbau apek dan sirkulasi udara di sekitar mobil jadi tidak bagus, tidak segar. Letakkan saja pengharum padat ini di tempat-tempat tertentu dan dalam wadah khusus seperti di bawah mobil ataupu di bagasi.

Tips terakhir adalah gunakan pengharum mobil secukupnya saja. Jangan berlebihan. Penggunaan pengharum ruangan sebaiknya di saat-saat tertentu saja misalnya ketika kondisi ruangan di dalam mobil berbau atau ketika mobil baru digunakan kembali setelah sekian lama.

Nah, itulah tadi beberapa tips menjaga kebersihan dan kerapihan mobil serta apa saja yang harus dipertimbangkan ketika kita memilih pengharum mobil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*